PROGRAM KERJA
TATA USAHA SMP NEGERI 1 HAURWANGI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Dipergunakan sebagai Pedoman Kerja
dan Laporan
Tahun Pelajaran 2014/2015
Disusun
oleh:
MUMUN
FIRDAUS
Kaur TU
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CIANJUR
SMP NEGERI 1 HAURWANGI
Alamat : Jalan Ramasari Kecamatan
Haurwangi Telp (0263) 322444 Cianjur
Kode Pos 43283
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena atas berkat Rahmat, Taufiq dan
Hidayah-Nya Penyusun program Kerja Tata Usaha
Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat kami selesaikan meskipun dalam penyajiannya jauh
dari sempurna.
Dengan program kerja ini diharapkan
kegiatan Tata Usaha dapat dilaksanakan dengan lebih terarah dan sistematis.
Sumber daya yang ada dapat digunakan secara efektif dan efesien mungkin,
sehingga tidak terjadi pemborosan waktu, tenaga, materi, biaya. tepat sasaran
karena memiliki program.
Adapun kegiatan
yang tercakup dalam
Program ini meliputi
usaha penataan dan penertiban
dalam bidang administrasi
Kepegawaian, Kesiswaan, Keuangan, Sarana prasarana,
Surat-menyurat, Perpustakaan, Kebersihan, Keamanan dan hubungan
masyarakat.
Namun
keberhasilan program ini
sangat tergantung, sejauhmana
komitemen koordinator Pelaksana (Kepala Sekolah) dan semua
pihak mengapresiasi peraturan
dan mekanisme yang
ada. Apa artinya sebuah program
kalau masing-masing pihak
yang terkait dalam
sekolah tidak memiliki
keinginan menciptakan
pendidikan yang penyelenggaraan dan
pengelolaanya proposional (sesuai
dengan mekanisme dan peraturan), professional (sesuai dengan kompetensi yang sudah di
rumuskan dalam standarisasi) dan terprogram. Sehingga terdapat hubungan yang
harmonis antara semua unsur yang ada bersinergi dan masing masing bertanggung
jawab pada tugas dan fungsinya.
Akhirnya kami
memohon kepada Allah SWT. Semoga kita senantiasa diberi petunjuk dan
bimbingan-Nya sehingga dalam melaksanakan tugas mendapat kekuatan lahir dan
bathin. Amin.
Haurwangi, 01 Juli 2014
Mengetahui Kaur
TU SMPN 1 Haurwangi,
Kepala SMPN 1 Haurwangi, Kabupaten
Cianjur,
SUYONO, S. Pd., M. Pd MUMUN FIRDAUS
NIP 19640711 198903 1 008 NIP 19580407 198303 1 006
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR ………………………………………………………………….……………….
|
i
|
||
DAFTAR ISI
...............................................................................................................................................
|
ii
|
||
BAB
|
I
|
PENDAHULUAN
...................................................................................................
|
1
|
A.
Pengertian dan Latar Belakang ......................................................................
|
1
|
||
B.
Dasar (Landasan Hukum)................................................................................
|
2
|
||
C.
Maksud dan Tujuan
........................................................................................
|
3
|
||
D.
Ruang Lingkup ……………………………………………………..…….
|
3
|
||
E.
Sistematika Penulisan
......................................................................................
|
4
|
||
BAB
|
II
|
KEADAAN
SEKOLAH ...........................................................................................
|
5
|
A.
Keadaan Pegawai .............................................................................................
|
5
|
||
B.
Keadaan Guru Berdasarkan Umur ................................................................
|
5
|
||
C.
Jumlah GT,GTT & TU Berdasarkan Golongan ………………………..…..
|
5
|
||
D.
Kelebihan dan Kekurangan Guru .................................................................
|
5
|
||
E.
Keadaan Siswa ..................................................................................................
|
6
|
||
F.
Keadaan Sarana Prasarana ..............................................................................
|
6
|
||
BAB
|
III
|
GAMBARAN
ORGANISASI ..................................................................................
|
10
|
A. Visi dan Misi ………………………………………………………………
|
10
|
||
B. Organisasi …………………………………………………………………
|
10
|
||
C. Pembagian dan Rincian Tugas ……………………………………..……..
|
12
|
||
D. Analisa Jabatan ………………………………………………………..…..
|
15
|
||
E. Tabel Program Kerja ………………………………………………………
|
19
|
||
E. Evaluasi ……………………………………………………………….……
|
29
|
||
BAB
|
IV
|
PROGRAM
KERJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
........................................
|
30
|
A.
Skala Prioritas dalam Program .......................................................................
|
30
|
||
B.
Matrik Kegiatan
...............................................................................................
|
32
|
||
BAB
|
V
|
PEBIAYAAN
…………………………………………………………………
|
36
|
BAB
|
VI
|
PENUTUP
……………………………………………………………..………
|
42
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian
dan Latar Belakang
Tata Usaha sebagai tenaga
kependidikan mempunyai peranan
yang sangat penting
dalam menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah, bertugas
melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan
teknis untuk menwujudkan proses pendidikan.
Tanggung jawab Kepala
Sekolah dari tahun
ke tahun terus
meningkat dalam penyelenggaraan kegiatan sekolah, Kegiatan tersebut menuntut pelayanan
administrasi yang prima dari bagian Tata Usaha
yang menjadi penunjang/pendukung dalam
penyelenggaraan dan pengelolaa
pendidikan. Oleh karena itu diperlukan suatu program kegiatan yang dapat
meningkatkan kinerja pengelolaan dan pelayanan administrasi sebagaimana
tersebut diatas.
Program Kerja Tata Usaha merupakan suatu rencana kerja
operasional di kantor Tata Usaha disusun serasi dan searah dengan fungsi dan
tujuan pendidikan yaitu mendukung usaha mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak bangsa
yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, serta mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian
diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan
Negara, (UURI No. 20 tahun 2003).
Tata Usaha dapat dirumuskan sebagai segenap rangkaian
kegiatan meliputi, menghimpun data, mencatat data, mengolah data, menyajikan
data, melaporkan data, menyimpan untuk kepentingan pembuatan kebijakan
internal maupun ekternal
sekolah. Adapun ruanglikupnya
meliputi bidang Kepegawaian,
Keuangan, Kesiswaan, Sarana prasarana, Perpustakaan, Laboratorium, kebersihan,
dan keamanan. Untuk melasanakan tugas tersebut perlu Program kerja, pembagian
tugas, Uraian Tugas, Kejelasan tugas dan wewenang, time scadul, agenda kerja,
standar operasional prosedur (SOP), dan untuk honorer perlu SK yang menetapkan
bahwa pelaksana tersebut dalam kegiatan tahun berjalan berstatus tenaga honorer.
Dalam pengembangan ketatausahaan diperlukan
kerjasama. Usaha kerja
sama yang dimaksud adalah usaha dengan penuh kesadaran
dan tanggung jawab dari setiap individu yang ada dalam lingkungan Tata
Usaha yang bekerja
sama melakukan kegiatan
untuk mencapai tujuan
yang ditetapkan. Tata Usaha atau
disebut juga Tata Laksana dan dalam sebutan sehari-hari dinamakan administrasi,
sebenarnya merupakan bagian dari keseluruhan proses administrasi dalam arti
luas adalah suatu mekanisme yang dapat lebih memperlancar dan lebih meningkatkan
efektifitas dan efesiens proses administrasi dengan menyediakan segala data
yang diperlukan untuk meningkatkan administrasi berjalan dengan baik.
Proses
administrasi ada empat, sebagai berikut :
1.
Perencanaan (Planning), jika kita merencanakan apa
yang akan dilaksanakan dan bagaimana akan
melaksanakannya (What, Why, Where, Who, Whom, dan
How).
2.
Organisasi (Organization), pada waktu
kita membagi-bagi jenis pekerjaan dan tanggung jawab supaya semua pekerjaan
dapat dilaksanakan terarah dan efesien.
3.
Pengarahan (Directing),
penyusunan petunjuk pelaksanaan
yang jelas dan
konrit sehingga
pelaksanaan bahan yang harus dikerjakan, bagaimana dan
bilamana mengerjakannya.
4.
Pengawasan (Controlling), Penilaian apakah yang telah
dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah
direncanakan dan ditetapkan.
Dalam
setiap tahap proses administrasi dan kegiatan dasar yang harus dikerjakan
yaitu:
1.
Pengambilan Keputusan
(Decision Making) yang
merupakan kegiatan yang
mendahului pengambilan
keputusan.
2.
Pemecahan Masalah (Problem Solving)
yang merupakan kegiatan yang mendahului pengambilan keputusan.
3.
Hubungan antar
manusia (Human Relation),
dalam pemecahan masalah
dan pengambilan keputusan, selalu ada usaha untuk saling memperngaruhi, saling member inovasi antara sesama anggota dan ini memerlukan hubungan antara
individu,
hubungan antar manusia.
4.
Komunikasi (Comunication), penyampaian
suatu berita atau
informasi kepada pihak
yang memerlukannya, tanpa ada komunikasi tidak akan mungkin ada pemecahan masalah dan tidak akan dapat diambil suatu keputusan.
B.
Dasar (Landasan Hukum)
Adapun yang menjadi
dasar (Landasan Hukum)
program kerja tahunan
Tata Usaha Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah
sebagai berikut :
1. Undang-undang
Nomor 8 Tahun
1974 Tentang Pokok-Pokok
Kepegawaian yang diperbaharui dengan Undang-undang Nomor 43
Tahun 1999
2.
Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun
1980 Tentang Peraturan Disiplin Pegawai
Negeri Sipil, yang kemudian
diperbaiki oleh PP No. 53 Tahun 2010 untuk pelaksanaannya dikeluarkan Perka BKN
No. 21 Tahun 2010.
3.
Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun
1975 Tentang Sumpah dan Janji Pegawai Negeri Sipil.
4.
Surat Keputusan Direktorat Jendral
Pendidikan Dasar dan Menengah No. 262/C/Kep/R.1992 Tanggal 27 Juli 1992 Tentang Pedoman
Pembukuan Sarana Pendidikan bagi Sekolah di Lingkungan Pembinaan Dirjen Dikmen.
5.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003
Tentang Pendidikan Nasional.
6.
Peraturan Pemerintah
No 66 tahun
2010 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan
Pendidikan
7.
Permendiknas No 19 tahun 2007 Tentang
Penyelenggaraaan dan Pengelolaan Pendidikan
8.
Perda No 26 tahun tahun 2009 Tentang
Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan
9.
Permendiknas No. 24 Tahun 2008.
10.
Kalender Pendidikan dari Dinas
Pendidikan Kab. Cianjur.
C.
Maksud dan Tujuan
1.
Program kerja
dapat dijadikan pedoman
kegiatan Tata Usaha
dalam mengerjakan
administrasi sekolah sesuai dengan
kondisi itu sendiri.
2.
Kegiatan dapat dilakukan dengan lebih
teratur, terarah dan sistematis,
3.
Program kegiatan dilakukan secara
bertahap, jelas sasaran yang ingin dicapai.
4.
Segala unsur
yang terkait agar
dilaksanakan seefektif mungkin
sehingga tidak terjadi permborosan waktu, tenaga, biaya, materi dan sebagainya.
5.
Program kerja dapat pula berfungsi
dan sekaligus mempermudah pengawasan, evaluasi, revisi, dan
dapat mengadakan tindak
lanjut dalam bentuk
program perbaikan dan
pengembangan.
6.
Koordinasi diantara aparat Tata Usaha
akan lebih meningkat karena semuanya mengetahui tugas dan tanggung jawab bidang garapan masing-masing.
D.
Ruang Lingkup
Kegiatan kinerja Tata Usaha di SMP Negeri 1 Haurwangi Kabupaten Cianjur merupakan bagian dari kegian proses kependidikan, secara organisasi dibawah koordinasi Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha adalah pejabat struktural
Eselon V mendapat SK. dari Bupati Kabupaten Cianjur dengan tugas selaku administrator bertanggungjawab
terhadap Kepala UPTD.
Secara
struktur atasan Kepala
Tata Usaha adalah
Kepala UPTD diwilayahnya, dan
sekdis ditingkat Dinas. Kepala Tata Usaha merupakan pelaksana yang
bekerja untuk dan atas nama sekolah dimana dia bekerja, menjadi suatu bagian
dari keseluruhan kegiatan bidang administrasi sekolah dan instansi pendidikan.
Dalam melaksanakan kegiatannya melibatkan staf Tata Usaha yaitu pelaksana dan
pembantu pelaksana.
Fungsi dan wewenang Kepala Tata usaha meliputi :
1. Umum
2. Kesiswaan
3. Ketenagaan
4. Perlengkapan
5. Keuangan
6. Surat-menyurat
7. Humas
8. Kebersihan
9. Ketertiban
E.
Sistematika Penulisan
Adapun sistematika program kerja Tata Usaha adalah sebagai
berikut:
Bab kesatu : Bab
ini merupakan pendahuluan
yang menjelaskan Pengertian
dan Latar
Belakang Dasar (Landasan Hukum), Maksud dan Tujuan, Ruang Lingkup,
Sistematika
penulisan.
Bab kedua : Bab ini
menerangkan tentang organisasi Tata Usaha yang meliputi visi dan misi,
organiram, pembagian dan penilaian
tugas, Evaluasi
Bab Ketiga : Bab ini
menjelaskan tentang program kerja Tata Usaha Tahun 2014/2015 yang
terdiri atas
: Skala prioritas
dalam program, matrik kegiatan.
Bab Keempat : Bab ini menjelaskan tentang pembiayaan
Bab Kelima : Bab ini merupakan penutup
0 komentar:
Posting Komentar