BLOG SEKOLAH RESMI SMPN 1 HAURWANGI

PROGRAM KERJA SMP NEGERI 1 HAURWANGI BAB I

PROGRAM KERJA
TATA USAHA SMP NEGERI 1 HAURWANGI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Dipergunakan sebagai Pedoman Kerja dan Laporan
Tahun Pelajaran 2014/2015






 




Disusun oleh:



MUMUN FIRDAUS
Kaur TU


DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CIANJUR
SMP NEGERI 1 HAURWANGI
Alamat : Jalan Ramasari Kecamatan Haurwangi Telp (0263) 322444 Cianjur
Kode Pos 43283


KATA PENGANTAR




Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat Rahmat, Taufiq dan Hidayah-Nya Penyusun program Kerja Tata Usaha Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat kami selesaikan meskipun dalam penyajiannya jauh dari sempurna.


Dengan program kerja ini diharapkan kegiatan Tata Usaha dapat dilaksanakan dengan lebih terarah dan sistematis. Sumber daya yang ada dapat digunakan secara efektif dan efesien mungkin, sehingga tidak terjadi pemborosan waktu, tenaga, materi, biaya. tepat sasaran karena  memiliki program.


Adapun  kegiatan  yang  tercakup  dalam  Program  ini  meliputi  usaha  penataan dan  penertiban  dalam bidang  administrasi  Kepegawaian,  Kesiswaan,  Keuangan, Sarana  prasarana,  Surat-menyurat, Perpustakaan, Kebersihan, Keamanan dan hubungan masyarakat.


Namun  keberhasilan  program  ini  sangat  tergantung,  sejauhmana  komitemen  koordinator  Pelaksana (Kepala  Sekolah)  dan  semua  pihak  mengapresiasi  peraturan  dan  mekanisme  yang  ada.  Apa  artinya sebuah  program  kalau  masing-masing  pihak  yang  terkait  dalam  sekolah  tidak  memiliki  keinginan menciptakan  pendidikan  yang  penyelenggaraan  dan  pengelolaanya  proposional  (sesuai  dengan mekanisme dan peraturan), professional (sesuai dengan kompetensi yang sudah di rumuskan dalam standarisasi) dan terprogram. Sehingga terdapat hubungan yang harmonis antara semua unsur yang ada bersinergi dan masing masing bertanggung jawab pada tugas dan fungsinya.


Akhirnya kami memohon kepada Allah SWT. Semoga kita senantiasa diberi petunjuk dan bimbingan-Nya sehingga dalam melaksanakan tugas mendapat kekuatan lahir dan bathin. Amin.


                       
                                                                                                                        Haurwangi, 01 Juli 2014

Mengetahui                                                                                          Kaur TU SMPN 1 Haurwangi,
Kepala SMPN 1 Haurwangi,                                                                 Kabupaten Cianjur,     
                                               

SUYONO, S. Pd., M. Pd                                                                                    MUMUN FIRDAUS

NIP 19640711 198903 1 008                                                               NIP 19580407 198303 1 006


DAFTAR ISI




KATA PENGANTAR ………………………………………………………………….……………….
i


DAFTAR ISI ...............................................................................................................................................
ii




BAB
I
PENDAHULUAN ...................................................................................................
1


A. Pengertian dan Latar Belakang ......................................................................
1


B. Dasar (Landasan Hukum)................................................................................
2


C. Maksud dan Tujuan ........................................................................................
3


D. Ruang Lingkup  ……………………………………………………..…….
3


E. Sistematika Penulisan ......................................................................................
4




BAB
II
KEADAAN SEKOLAH ...........................................................................................
5


A. Keadaan Pegawai .............................................................................................
5


B. Keadaan Guru Berdasarkan Umur ................................................................
5


C. Jumlah GT,GTT & TU Berdasarkan Golongan ………………………..…..
5


D. Kelebihan dan Kekurangan Guru .................................................................
5


E. Keadaan Siswa ..................................................................................................
6


F. Keadaan Sarana Prasarana ..............................................................................
6




BAB
III
GAMBARAN ORGANISASI ..................................................................................
10


A. Visi dan Misi ………………………………………………………………
10


B. Organisasi …………………………………………………………………
10


C. Pembagian dan Rincian Tugas ……………………………………..……..
12


D. Analisa Jabatan ………………………………………………………..…..
15


E. Tabel Program Kerja ………………………………………………………
19


E. Evaluasi ……………………………………………………………….……
29




BAB
IV
PROGRAM KERJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ........................................
30


A. Skala Prioritas dalam Program .......................................................................
30


B. Matrik Kegiatan ...............................................................................................
32




BAB
V
PEBIAYAAN …………………………………………………………………
36




BAB
VI
PENUTUP ……………………………………………………………..………
42




BAB  I
PENDAHULUAN


A.  Pengertian dan Latar Belakang

Tata Usaha sebagai tenaga  kependidikan  mempunyai  peranan  yang  sangat  penting  dalam menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah, bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menwujudkan proses pendidikan.

Tanggung  jawab  Kepala  Sekolah  dari  tahun  ke  tahun  terus  meningkat  dalam  penyelenggaraan kegiatan sekolah,  Kegiatan tersebut menuntut pelayanan administrasi yang prima dari bagian Tata Usaha  yang  menjadi  penunjang/pendukung  dalam  penyelenggaraan  dan  pengelolaa  pendidikan. Oleh karena itu diperlukan suatu program kegiatan yang dapat meningkatkan kinerja pengelolaan dan pelayanan administrasi sebagaimana tersebut diatas.

Program Kerja Tata Usaha merupakan suatu rencana kerja operasional di kantor Tata Usaha disusun serasi dan searah dengan fungsi dan tujuan pendidikan yaitu mendukung usaha mengembangkan kemampuan  dan  membentuk  watak  bangsa  yang  bermartabat  dalam  rangka  mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian  diri,  kepribadian,  kecerdasan,  akhlak  mulia,  serta  keterampilan  yang  diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara, (UURI No. 20 tahun 2003).

Tata Usaha dapat dirumuskan sebagai segenap rangkaian kegiatan meliputi, menghimpun data, mencatat data, mengolah data, menyajikan data, melaporkan data, menyimpan untuk kepentingan pembuatan  kebijakan  internal  maupun  ekternal  sekolah.  Adapun  ruanglikupnya  meliputi  bidang Kepegawaian, Keuangan, Kesiswaan, Sarana prasarana, Perpustakaan, Laboratorium, kebersihan, dan keamanan. Untuk melasanakan tugas tersebut perlu Program kerja, pembagian tugas, Uraian Tugas, Kejelasan tugas dan wewenang, time scadul, agenda kerja, standar operasional prosedur (SOP), dan untuk honorer perlu SK yang menetapkan bahwa pelaksana tersebut dalam kegiatan tahun berjalan berstatus tenaga honorer.

Dalam pengembangan ketatausahaan diperlukan kerjasama.  Usaha  kerja  sama  yang  dimaksud adalah usaha dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab dari setiap individu yang ada dalam lingkungan  Tata  Usaha  yang  bekerja  sama  melakukan  kegiatan  untuk  mencapai  tujuan  yang ditetapkan.  Tata Usaha atau disebut juga Tata Laksana dan dalam sebutan sehari-hari dinamakan administrasi, sebenarnya merupakan bagian dari keseluruhan proses administrasi dalam arti luas adalah suatu mekanisme yang dapat lebih memperlancar dan lebih meningkatkan efektifitas dan efesiens proses administrasi dengan menyediakan segala data yang diperlukan untuk meningkatkan administrasi berjalan dengan baik.

Proses administrasi ada empat, sebagai berikut :    
1.      Perencanaan (Planning),  jika kita merencanakan apa yang akan dilaksanakan dan bagaimana akan melaksanakannya (What, Why, Where, Who, Whom, dan How).
2.      Organisasi (Organization), pada waktu kita membagi-bagi jenis pekerjaan dan tanggung jawab supaya semua pekerjaan dapat dilaksanakan terarah dan efesien.
3.      Pengarahan  (Directing),  penyusunan  petunjuk  pelaksanaan  yang  jelas  dan  konrit  sehingga
pelaksanaan bahan yang harus dikerjakan, bagaimana dan bilamana mengerjakannya.
4.      Pengawasan (Controlling),  Penilaian apakah yang telah dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan ditetapkan.

Dalam setiap tahap proses administrasi dan kegiatan dasar yang harus dikerjakan yaitu:
1.      Pengambilan  Keputusan  (Decision  Making)  yang  merupakan  kegiatan  yang  mendahului pengambilan keputusan.
2.      Pemecahan Masalah (Problem Solving) yang merupakan kegiatan yang mendahului   pengambilan keputusan.
3.      Hubungan  antar  manusia  (Human  Relation),  dalam  pemecahan  masalah  dan  pengambilan keputusan, selalu ada usaha untuk saling memperngaruhi, saling member inovasi antara sesama anggota dan ini memerlukan hubungan antara individu, hubungan  antar manusia.
4.      Komunikasi  (Comunication),  penyampaian  suatu  berita  atau  informasi  kepada  pihak  yang memerlukannya, tanpa ada komunikasi tidak akan mungkin ada pemecahan masalah dan tidak akan dapat diambil suatu keputusan.

B.  Dasar (Landasan Hukum)
Adapun  yang  menjadi  dasar  (Landasan  Hukum)  program  kerja  tahunan  Tata  Usaha  Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah sebagai berikut :
1.    Undang-undang  Nomor  8  Tahun  1974  Tentang  Pokok-Pokok  Kepegawaian  yang diperbaharui dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999
2.    Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1980  Tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil, yang kemudian diperbaiki oleh PP No. 53 Tahun 2010 untuk pelaksanaannya dikeluarkan Perka BKN No. 21 Tahun 2010.
3.    Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 1975 Tentang Sumpah dan Janji Pegawai Negeri Sipil.
4.    Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah No. 262/C/Kep/R.1992 Tanggal 27 Juli 1992 Tentang Pedoman Pembukuan Sarana Pendidikan bagi Sekolah di Lingkungan Pembinaan Dirjen Dikmen.
5.    Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.
6.    Peraturan  Pemerintah  No  66  tahun  2010  Tentang  Penyelenggaraan  dan  Pengelolaan
Pendidikan
7.    Permendiknas No 19 tahun 2007 Tentang Penyelenggaraaan dan Pengelolaan Pendidikan
8.    Perda No 26 tahun tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan
9.    Permendiknas No. 24 Tahun 2008.
10.    Kalender Pendidikan dari Dinas Pendidikan Kab. Cianjur.


C.  Maksud dan Tujuan     
1.    Program  kerja  dapat  dijadikan  pedoman  kegiatan  Tata  Usaha  dalam  mengerjakan
administrasi sekolah sesuai dengan kondisi itu sendiri.
2.    Kegiatan dapat dilakukan dengan lebih teratur, terarah dan sistematis, 
3.    Program kegiatan dilakukan secara bertahap, jelas sasaran yang ingin dicapai.
4.    Segala  unsur  yang  terkait  agar  dilaksanakan  seefektif  mungkin  sehingga  tidak  terjadi  permborosan waktu, tenaga, biaya, materi dan sebagainya.
5.    Program kerja dapat pula berfungsi dan sekaligus mempermudah pengawasan, evaluasi, revisi,  dan  dapat  mengadakan  tindak  lanjut  dalam  bentuk  program   perbaikan  dan pengembangan.
6.    Koordinasi diantara aparat Tata Usaha akan lebih meningkat karena semuanya mengetahui tugas dan tanggung jawab bidang garapan masing-masing.

D. Ruang Lingkup
Kegiatan kinerja Tata Usaha di SMP Negeri 1 Haurwangi Kabupaten Cianjur merupakan bagian dari kegian proses kependidikan, secara organisasi dibawah koordinasi Kepala Sekolah,  Kepala Tata Usaha adalah pejabat struktural Eselon V mendapat SK. dari Bupati Kabupaten Cianjur dengan  tugas selaku administrator bertanggungjawab terhadap Kepala UPTD.
Secara  struktur  atasan  Kepala  Tata  Usaha  adalah  Kepala UPTD  diwilayahnya,  dan  sekdis ditingkat Dinas. Kepala Tata Usaha merupakan pelaksana yang bekerja untuk dan atas nama sekolah dimana dia bekerja, menjadi suatu bagian dari keseluruhan kegiatan bidang administrasi sekolah dan instansi pendidikan. Dalam melaksanakan kegiatannya melibatkan staf Tata Usaha yaitu pelaksana dan pembantu pelaksana.     
Fungsi dan wewenang Kepala Tata usaha meliputi :
1.      Umum
2.      Kesiswaan
3.      Ketenagaan
4.      Perlengkapan
5.      Keuangan
6.      Surat-menyurat
7.      Humas
8.      Kebersihan
9.      Ketertiban
E.    Sistematika Penulisan
Adapun sistematika program kerja Tata Usaha adalah sebagai berikut:
Bab kesatu     :  Bab  ini  merupakan  pendahuluan  yang  menjelaskan  Pengertian  dan Latar
 Belakang Dasar (Landasan Hukum),  Maksud dan Tujuan, Ruang Lingkup,
Sistematika penulisan.
Bab kedua     :  Bab ini menerangkan tentang organisasi Tata Usaha yang meliputi visi dan misi,
 organiram, pembagian dan penilaian tugas, Evaluasi
Bab Ketiga     :  Bab ini menjelaskan tentang program kerja Tata Usaha Tahun 2014/2015 yang
terdiri  atas  :  Skala  prioritas  dalam  program,  matrik kegiatan.
Bab Keempat :  Bab ini menjelaskan tentang pembiayaan
Bab Kelima    :  Bab ini merupakan penutup




0 komentar:

Posting Komentar

Next Posting Lama
PROGRAM KERJA SMP NEGERI 1 HAURWANGI BAB I